AGAMA DAN MASYARAKAT
Dengan singkat definisi agama menurut sosiologi adalah definisi yang empiris. Sosiologi tidak pernah memberikan definisi agama yang evaluative (menilai). Sosiologi angkat tangan mengenai hakikat agama, baiknya atau buruknya agama atau agama–agama yang tengah diamatinya. Dari pengamatan ini sosiologi hanya sanggup memberikan definisi deskriptif (menggambarkan apa adanya) yang mengungkapkan apa yang dimengerti dan dialami pemeluk-pemeluknya.
Fungsi dan
Peran Agama Dalam Masyarakat
Dalam hal
fungsi, masyarakat dan agama itu berperan dalam mengatasi persoalan-persoalan
yang timbul di masyarakat yang tidak dapat   dipecahakan  
secara   empiris   karena   adanya  
keterbatasan kemampuan dan ketidakpastian. Oleh karena itu, diharapkan agama
menjalankan   fungsinya   sehingga  
masyarakat   merasa   sejahtera, aman, stabil, dan
sebagainya. Agama dalam masyarakat bisa difungsikan sebagai berikut :
a.             
Fungsi
edukatif.
Agama memberikan bimbingan dan
pengajaaran dengan perantara petugas-petugasnya (fungsionaris) seperti syaman,
dukun, nabi, kiai, pendeta imam, guru agama dan lainnya, baik dalam upacara
(perayaan) keagamaan, khotbah, renungan (meditasi) pendalaman rohani, dsb.
b.             
Fungsi
penyelamatan.
Bahwa setiap manusia menginginkan
keselamatan baik dalam hidup sekarang ini maupun sesudah mati. Jaminan
keselamatan ini hanya bisa mereka temukan dalam agama. Agama membantu manusia
untuk mengenal sesuatu “yang sakral” dan “makhluk teringgi” atau Tuhan dan berkomunikasi
dengan-Nya. Sehingga dalam yang hubungan ini manusia percaya dapat memperoleh
apa yang ia inginkan. Agama sanggup mendamaikan kembali manusia yang salah
dengan Tuhan dengan jalan pengampunan dan Penyucian batin.
c.             
Fungsi
pengawasan sosial (social control)
Fungsi agama sebagai kontrol sosial
yaitu :
- Agama meneguhkan kaidah-kaidah susila dari adat yang dipandang baik bagi kehidupan moral warga masyarakat.
- Agama mengamankan dan melestarikan kaidah-kaidah moral ( yang dianggap baik )dari serbuan destruktif dari agama baru dan dari system hokum Negara modern.
d.            
Fungsi
memupuk Persaudaraan.
Kesatuan persaudaraan berdasarkan
kesatuan sosiologis ialah kesatuan manusia-manusia yang didirikan atas unsur
kesamaan.
- Kesatuan persaudaraan berdasarkan ideologi yang sama, seperti liberalism, komunisme, dan sosialisme.
- Kesatuan persaudaraan berdasarkan sistem politik yang sama. Bangsa-bangsa bergabung dalam sistem kenegaraan besar, seperti NATO, ASEAN dll.
- Kesatuan persaudaraan atas dasar se-iman, merupakan kesatuan tertinggi karena dalam persatuan ini manusia bukan hanya melibatkan sebagian dari dirinya saja melainkan seluruh pribadinya dilibatkan dalam satu intimitas yang terdalam dengan sesuatu yang tertinggi yang dipercayai bersama
e.             
Fungsi
transformatif.
Fungsi transformatif disini
diartikan dengan mengubah bentuk kehidupan baru atau mengganti nilai-nilai lama
dengan menanamkan nilai-nilai baru yang lebih bermanfaat.
Sedangkan  menurut  
Thomas   F.  O’Dea  menuliskan   enam
 fungsi agama dan masyarakat yaitu:
1.     
Sebagai pendukung, pelipur lara, dan perekonsiliasi.
2.     
Sarana hubungan  transendental  melalui  pemujaan dan upacara Ibadat 3.     
Penguat norma-norma dan nilai-nilai yang sudah ada.
4.     
Pengoreksi fungsi yang sudah ada.
5.     
Pemberi identitas diri.
6.     
Pendewasaan agama.
Sedangkan
menurut  Hendropuspito  lebih ringkas  lagi,  akan
tetapi   intinya   hampir   sama.  
Menurutnya   fungsi   agama   dan masyarakat  
itu   adalah   edukatif,  
penyelamat,   pengawasan   sosial, memupuk persaudaraan,
dan transformatif.
Agama
memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan
masyarakat, karena agama memberikan sebuah system nilai yang memiliki derivasi
pada norma-norma masyarakat untuk memberikan pengabsahan dan pembenaran dalam
mengatur pola perilaku manusia, baik di level individu dan masyarakat. Agama
menjadi sebuah pedoman hidup singkatnya. Dalam memandang nilai, dapat kita lihat dari dua sudut pandang. Pertama, nilai agama dilihat dari sudut intelektual yang menjadikan nilai agama sebagai norma atau prinsip. Kedua, nilai agama dirasakan di sudut pandang emosional yang menyebabkan adanya sebuah dorongan rasa dalam diri yang disebut mistisme.
masyarakat, karena agama memberikan sebuah system nilai yang memiliki derivasi
pada norma-norma masyarakat untuk memberikan pengabsahan dan pembenaran dalam
mengatur pola perilaku manusia, baik di level individu dan masyarakat. Agama
menjadi sebuah pedoman hidup singkatnya. Dalam memandang nilai, dapat kita lihat dari dua sudut pandang. Pertama, nilai agama dilihat dari sudut intelektual yang menjadikan nilai agama sebagai norma atau prinsip. Kedua, nilai agama dirasakan di sudut pandang emosional yang menyebabkan adanya sebuah dorongan rasa dalam diri yang disebut mistisme.
jadi
kesimpulannya menurut saya, agama dan masyarakat sangat berperan penting karena
masyarakat yang memeluk agama dan kepercayaannya masing - masing dapat dinilai
sebagai masyarakat yang mempunyai persaudaraan yang lebih erat, karena mereka
dapat saling menghargai perbedaan agama yang mereka anut. Sedangkan fungsi
agama sendiri dinilai sebagai pedoman hidup dan sebagai acuan larangan –
larangan yang telah diajarkan di dalam agama yang dianut oleh seseorang, yang
dapat mengajarkan kita bagaimana bersikap dan berprinsip. Dengan agama moral
masyarakat akan semakin baik. 
Sosiologi
Agama, Drs. D. Hendropuspito, O. C.
Agama Dan
Masyarakat, Elizabeth K Nottingham.
Nama: Eka
Desmawati (2SA08) (13614419)
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar